Giat Sat Lantas Polres Bengkalis

Selasa, 18 Januari 2011

KESELAMATAN YANG PALING UTAMA (SAFETY FIRST)

Safety first, kata serapan yang sering digunakan yang berarti keselamatan yang diutamakan sering kita dengar pada hampir setiap aktifitas masyarakat terutama dalam lingkungan pekerjaan baik itu dalam suatu kawasan industri maupun aktifitas dijalan raya.
Kebanyakan dari kita sering mengabaikan kata “safety first, “ padahal kata tersebut mengandung nasihat agar kita senantiasa berhati-hati setiap kali kita menjalankan aktifitas dimanapun kita berada. Tidak hanya diperusahaan-perusahaan, kata safety first sudah menjadi jargon pada setiap aktifitas manusia apapun bentuknya. Hal ini dimaksudkan untuk mengingatkan kita agar senantiasa waspada, walaupun sedetik saja. Karena sedetik saja nyawa taruhannya.
Satuan lalu lintas Polres Bengkalis melalui program terbarunya Traffic Accident Centre – TAC terbentuk dengan latar belakang tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah Bengkalis yang rata-rata disebabkan oleh faktor kelalaian manusia akibat tidak memperhatikan keselamatan dirinya maupun pengguna jalan lain sehingga beresiko terhadap kematian. Begitu pentingnya memperhatikan keselamatan, berbagai upaya dilakukan mulai dari himbauan-himbauan, teguran-teguran bahkan sampai penindakan telah dilakukan demi terwujudnya keselamatan dijalan raya, namun akaibat kurangnya kesadaran berlalu lintas masyarakat dijalan raya potensi kecelakaan lalu lintas masih cukup menonjol.
Cara lain dalam mewujudkan keselamatan dijalan raya juga dapat dilakukan dengan cara menempatkan anggota di daerah rawan macet maupun rawan laka, paradigma masyarakat sampai saat ini masih klasik yakni, mau tertib bila ada polisi, tetapi ada juga ditemukan meskipun ada polisi masih saja ngawur dijalan raya, lantas bagaimana bila tidak ada petugas. Inilah tugas kita sampai hari ini menyadarkan masyarakat pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas – safety first. AKP MARIYONO, SIK (KASLAN BKLS)
»»  READMORE...

Minggu, 09 Januari 2011

RAZIA RANMOR

Razia, istilah yang sering kita didengar ketika polantas melaksanakan kegiatan operasi pemeriksaan terhadap kendaraan bermotor, baik itu roda dua, roda empat atau lebih. Razia kendaraan menjadi momok bagi masyarakat kebanyakan. Sehingga aksi “kucing-kucingan” sering terjadi ketika polantas menggelar razia dijalan raya. Dan biasanya razia tersebut mengambil lokasi yang agak tersembunyi, dan itu benar apa adanya. Polisi mengambil lokasi razia ditempat masyarakat tidak bisa lagi menghindar ketika razia kendaraan sedang berlangsung. Karena bila tidak demikian banyak kendaraan tersbut terutama roda dua yang memutar balik untuk menghindari razia, dan alhasil kecelakaan lalu lintas rentan terjadi. Sehingga menambah pekerjaan kembali polantas untuk menangani kejadian tersebut.
Razia kendaraan bermotor merupakan salah satu kegiatan kepolisian terutama polisi lalu lintas dalam upaya untuk menertibkan para pengendara dijalan raya dan memeriksa kelengkapan baik orang maupun kendaraan bermotor untuk mewujudkan kamseltibcarlantas. Di samping itu razia ranmor juga dimaksudkan untuk meminimalisir tindak pidana curanmor dengan beredarnya kendaraan-kendaraan yang melintas di jalan raya.
Ada yang simpati namun ada juga masyarakat yang antipati dengan digelarnya razia kendaraan bermotor. Mereka yang pro terhadap kegiatan operasi kepolisian melalui razia ranmor akan memberikan opini yang positif dengan diadakannya kegiatan tersebut, ada yang menanggapi “razia ini sangat bagus pak polisi, biar masyarakat menjadi tertib dijalan raya”, namun mereka yang pro kontra mengatakan “ah, polisi hanya cari-cari kesalahan saja, masak kesalah kecil saja di tilang.”
Itulah realita kita dilapangan, ada yang pro dan juga ada yang kontra, tinggal bagaimana masyarakat men-sikapinya, yang terpenting kita telah melakukan upaya-upaya yang maksimal, baik itu secara persuasif maupun upaya simpatik di awal, tapi apabila masyarakat bersikeras kita lakukan penindakan secara prosedur. AKP MARIYONO, SIK (KASLAN BKLS)

»»  READMORE...

Selasa, 04 Januari 2011

Visi, Misi dan Tugas Pokok

Visi dan Misi

Menyelenggarakan penegakan dan kepastian hukum yang bercirikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat di bidang lalu lintas.

Mewujudkan masyarakat pemakai jalan supaya memahami, yakin dan mempercayai kepada polantas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dalam kegiatan pendidikan masyarakat di bidang lalu lintas, penegakan hukum lalu lintas, pengkajian masalah lalu lintas, pengkajian masalah lalu lintas, registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor.


TUGAS POKOK

Tugas Pokok Kasat Lantas

KASAT LANTAS menyelenggarakan/membina fungsi Lalu lintas Kepolisian, yang meliputi penjagaan, pengaturan, pengawalan dan patroli, pendidikan masyarakat dan rekayasa lalu lintas, registrasi dan identifikasi pengemudi / kendaraan bermotor, penyidikan kecelakaan lalu lintas dan penegakan hukum dibidang lalu lintas guna memelihara keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.


Tugas Pokok KBO Lantas

Kaurminops membantu Kasat Lantas Menyelenggarakan/membina fungsi Lalu lintas Kepolisian , yang meliputi penjagaan, pengaturan , pengawalan dan patroli , pendidikan masyarakat dan rekayasa lalu lintas , registrasi dan identifikasi pengemudi / kendaraan bermotor , penyidikan kecelakaan lalu lintas dan penegakan hukum dibidang lalu lintas guna memelihara keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas


Tugas Pokok Kanit Regiden

Kanit Regiden membantu Kasat Lantas Menyelenggarakan/membina fungsi Lalu lintas Kepolisian, registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor


Tugas Pokok Kanit Laka Lantas

Kanit Laka Lantas membantu Kasat Lantas Menyelenggarakan/membina fungsi Lalu lintas Kepolisian, bidang penyidikan kecelakaan lalu lintas dan penegakan hukum dibidang lalu lintas guna memelihara keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas


Tugas Pokok Kanit Dikyasa

Kanit Dikyasa membantu Kasat Lantas untuk Menyelenggarakan/membina fungsi Lalu lintas Kepolisian pendidikan masyarakat dan rekayasa lalu lintas


Tugas Pokok Kanit Patroli Lantas

Kanit Patroli Lantas membantu Kasat Lantas Menyelenggarakan/membina fungsi Lalu lintas Kepolisian, yang meliputi penjagaan, pengaturan, pengawalan dan patroli
»»  READMORE...

Pelayanan Surat Keterangan STNK Hilang BPKB Leasing & Pembuatan Duplikat BPKB

Pelayanan Surat Keterangan STNK Hilang BPKB Leasing, persyaratan yang harus dilengkapi :

* Formulir Permohonan
* Laporan Polisi kehilangan STNK
* Cek Fisik kendaraan yang sudah dilegalisir
* F.C BPKB dan legalisir dari Leasing dilegalisir
* Surat Keterangan Leasing
* Identitas Pemilik

KELENGKAPAN KENDARAAN BERMOTOR UNTUK PEMBUATAN DUPLIKAT BPKB

Kelengkapan sebagai berikut :

1. Tanda Jati diri yang sah
2. Photo Copy STNK
3. Photo Copy BPKB bila ada
4. Iklan min 3 mass media + kwitansi + potongan iklan
5. Laporan Kehilangan dari Kepolisian
6. Berita Acara Pemeriksaan dari Kepolisian
7. Surat Keterangan Blokir dari Kepolisian
8. Hasil Cek Fisik Ranmor dari Samsat
9. Berita Acara Pemotretan Ranmor dari Sat Serse
10.Surat Pernyataan diatas segel yang menyatakan BPKB hilang,tidak sedang dijaminkan pada pihak
manapun
11.Kwitansi Pembelian
12.Surat Kuasa jika dalam pengurusan diwakilkan berikut foto copy jati diri yang sah
13.Hasil Pengecekan data Hiltem Dis Imfolahta Polda Jabar
14.File BPKB ( diarsip BPKB )
15.Untuk Kendaraan tahun 1995 keatas, surat keterangan dari dealer yang menerangkan bahwa BPKB
telah diserahkan kepada pemilik/konsumen.
16.Untuk kendaraan tahun 1995 keatas surat keterangan dari leasing minimal 3 ( tiga ) leasing yang me-
nerangkan bahwa BPKB tersebut tidak dijaminkan.


Catatan : - Setelah persyaratan lengkap menunggu 3 bulan setelah iklan dimuat di mass media
- Apabila BPKB Asli ditemukan kembali harap menghubungi urusan BPKB Polres Bengkalis
»»  READMORE...